Kamis, 27 Oktober 2016

Cara Menurunkan Trigliserida Yang Tinggi

Cara Menurunkan Trigliserida Yang Tinggi >> Informasi lengkap tentang Cara Menurunkan Trigliserida Yang Tinggi secara alami!

Cara Menurunkan Trigliserida Yang Tinggi, Kadar trigliserida dalam tubuh bisa diturunkan tanpa menggunakan obat-obatan khusus. Beberapa perubahan pada gaya hidup seseorang bisa menjadi faktor penting dalam menurunkan kadar trigliserida yang tinggi. Berikut ini cara-cara sederhana yang bisa dilakukan:
  • Mengendalikan berat badan.
    Jika berat badan Anda melebihi berat badan ideal atau bahkan sudah mengalami obesitas, menurunkan berat sekitar 2-5 kilogram bisa menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan juga berstamina, Anda perlu disiplin dalam menjalankan olahraga setidaknya 2.5 jam per minggu.
  • Mengonsumsi lemak sehat.
    Ganti lemak jenuh pada daging dengan lemak tidak jenuh dari tanaman, misalnya pada minyak zaitun, minyak kacang dan dari minyak canola.
  • Hindari lemak trans.
    Lemak trans bisa ditemukan pada makanan yang digoreng atau pada produk makanan panggang seperti kue kering, biskuit dan camilan. Jika kandungan lemak trans kurang dari 0,5 gram, ada kemungkinan produsen tidak mencantumkan pada kemasan. Produsen makanan tersebut bisa mengatakan bahwa makanan mereka mengandung minyak hidrogenasi.
  • Menurunkan asupan kalori.
    Anda perlu mengingat bahwa kalori yang berlebihan akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan sebagai lemak. Secara tidak langsung, menurunkan asupan kalori juga berarti menurunkan kadar trigliserida.
  • Membatasi tingkat kolesterol dalam makanan.
    Hindari sumber kolesterol konsentrat termasuk daging dengan banyak lemak, kuning telur, dan produk olahan susu murni.
  • Batasi konsumsi gula dan makanan olahan.
    Gula dan makanan yang terbuat dari tepung adalah jenis karbohidrat yang bisa meningkatkan kadar trigliserida.
  • Hentikan konsumsi minuman keras.
    Kandungan kalori yang tinggi pada minuman keras bisa berakibat pada peningkatan trigliserida. Kadar trigliserida bisa meningkat meski kita hanya mengonsumsi sedikit minuman keras.
  • Berhenti merokok.
    Berhenti merokok bisa memperbaiki kadar kolesterol “baik”. Dalam setahun setelah berhenti merokok, risiko terkena penyakit jantung dapat dikurangi sekitar 50%. Dan dalam 15 tahun, risiko penyakit jantung sama dengan orang yang tidak merokok.
  • Berolahraga.
    Aktivitas olahraga secara rutin bisa membantu Anda mengendalikan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Jika tingkat trigliserida masih tetap tinggi setelah melakukan perubahan gaya hidup, mungkin Anda perlu menambahkan konsumsi obat-obatan juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar